070413 Pdt.Johan Lumoindong: Kristen Masa Kini

070413 Pdt.Johan Lumoindong: Kristen Masa Kini


Kristen Masa Kini oleh Pdt Johan Lumoindong

Terima kasih buat Tuhan Yesus yang mengundang saya terima kasih juga buat rumah di tempat ini ke mana sidang koordinator dan juga seluruh jemaat Tuhan yang dikasih tuhan secara bersukacita buka Alkitab kita di dalam Injil Matius pasal nya yang ke-27 Matius pasal yang ke 27 ayatnya yang ke 62 sampai dengan ayat yang ke-66 kalau kita tidak berkeberatan kita boleh baca bersama-sama dengan suara keras 12 dan 3 harinya yaitu sesudah hari persiapan datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadapi lantus dan mereka berkata Tuhan kami ingat bahwa si penyesat itu waktu hidupnya berkata sesudah 3 hari aku akan mati karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga jikalau tidak murid-muridnya mungkin datang untuk mencuri dia Lalu mengatakan kepada rakyat ia telah bangkit dari antara orang mati sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya daripada yang pertama kata Pilatus kepada mereka ini penjaga-penjaga bagimu pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya maka Pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka kubur itu dan menjaganya Amin Sekarang kita sedang ada di dalam naskah yang luar biasa ini bicara tentang kemenangan tentang kebangkitan tentang hasil sempurna yang Tuhan berikan kepada kita sekarang di dalam kehidupan kekristenan kita seringkali Paskah itu terjadi setiap tahun dan kita merayakannya tetapi sesungguhnya di balik Paskah yang luar biasa itu ada nilai-nilai yang Tuhan tanamkan hampir setiap hari adalah pembelajaran tapi sering orang Kristen ketika dia melangkah keluar dari pintu ini mengalami ketidak paskahan itu artinya kekalahan artinya kemari tanda kutip digebuki lagi tapi pada saat beribadah pada saat melayani Tuhan kita melihat kemenangan itu ini adalah dua kutub yang berbeda dan seringkali sulit kita hindari sisi lain pada saat kita pergi kenangan itu tapi di sisi lain pada saat kita bersinggungan bersentuhan dengan dunia luar orang luar kelihatan bahwa kita tidak bertenaga nilai-nilai Alkitab mengajar kepada saya dan ada di tempat ini tentang kemenangan itu akan Alkitab hari ini mengajak kepada saya dan anda di tempat ini untuk melihat kemenangan dan belajar dari orang dunia halo kan sering kali kita bilang hai dunia Belajarlah dari orang kristen itu tapi sekarang kita mengajak saya dan ada di tempatnya ayo kita belajar dari orang dunia seringkali kita bilang masa sih orang dunia bisa memberikan kita pelajaran bisa ayat 62 sampai dengan ayat 66 kita tidak melihat Yesus secara eksplisit kita tidak melihat murid-murid yang apa ya yang yang bercerita tapi yang kita lihat justru sebaliknya di situ dikatakan imam-imam kepala orang Farisi Pilatus Bukankah mereka orang-orang yang dibenci Tuhan orang yang menyalibkan tuhan Tapi kalau sampai hari ini kita belajar Kenapa Matius harus dalam bahasa Indonesia yang terpisah tentang kubur Yesus yang dijaga tidak pernah berbohong kepada kita saya tangkap dari Tuhan tentunya ini sangat memberkati kita tidak usah alergi juga untuk belajar dari orangtuanya selama itu baik yang dulu kita jangan terus kita nggak bisa apa-apa kan aku nggak punya apa-apa terus kita mau belajar dari mereka belajar saya lihat banyak apa ya posisi-posisi penting pucuk pimpinan di negara ini nggak dipegang hanya orang Kristen makan Kita juga bisa melihat kepala bukan ekor tapi kita juga lihat juga kan ada banyak orang Kristen mengalami degradasi gitu loh jadi pendeta melayani Tuhan ada di bawah jadi dan kita tidak harus memungkiri itu nah sekarang kita harus berani membuka hati dan membuka diri kita harus belajar yang baik apa yang baik itu apa pembelajaran itu 62 Ayo sama-sama pelan-pelan 23 kesokan harinya dia itu sesudah hari persiapan senam besok kan harinya itu berarti bahwa Yesus mati hari Jumat mereka kumpul sama-sama hari Sabtu loh pengertian nya kan begitu betul sekarang ngapain ngumpul Yesus ya kan gitu ya udah udah udah nggak percaya Udah lewat Udah udah udah udah bilang Jumat Sabtu balik lagi ngumpul bareng bareng istri saya Anak saya tuh ujian 10.00 untuk masuk di Universitas dua hari berturut-turut kemarin-kemarin saya sayang anda hari ini kan urus Tuhan yang itu yang itu loh yang selanjutnya sampai di mana itu tadi itu mereka kumpul untuk bicara tentang Yesus kita hari Minggu 1 Kali aja discuss kadang-kadang ini bicara tentang kebangkitan hidup yang pamit yang selalu baik dengan segala perkara duniawi kita bilang kan gampang Siapa bilang Gampang pembelajaran itu Yesus Jumat mati Sabtu mereka kumpul tapi ini adalah musuh Yesus kita yang disebut Sahabat Anak umat Tuhan mestinya harus lebih hebat dari mereka tentang apa persiapan Yesus mengantisipasi pengertiannya bagi saya dan anda di tempat ini tahun ini hari depan tetap kemenangan bagi kita selama persiapannya keren persiapannya pas-pasan capek deh Tapi kalau persiapan yang bagus apa Tuhan seperti saya juga harus punya Persiapan saya nggak boleh bilang nanti terserah Yang diatas panggung terserah saya juga harus dipersiapkan dengan baik dan khususnya persiapkan hidup saya dengan baik buat apalah saya ngomong gitu kelihatannya bagus tapi Tuhan tahu ke dalam saya juga harus bersih saya juga harus hidup berkenan kepada Tuhan Supaya apa supaya FirmanNya juga memberkati anda persiapan apa yang mereka lakukan ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita mau menang anda berkiprah di manapun pegang ayat-ayat ini persiapan yang anda lakukan itu Menentukan hari depan kalau persiapan yang hebat hari ini terhitung hari ini hari depan dalam genggaman kita maka kita tutup 2013 masuk 2014 Pemilu 2014 tentang kemenangan ada pada kita beri tepuk tangan yang meriah persiapan yang pertama kita lihat ayat 63 Ayo sama-sama 63123 dan mereka berkata tuan Ingat bahwa si penyesat itu sewaktu hidupnya berkata sesudah 3 hari aku akan bangkit keren itu kan persiapan yang keren Pak saya lihat keren banget musuhnya Yesus Yesus Yesus Tuhan kita yang tiada pernah terlambat bersinar terus hari ini ada utang aku akan mengangkat engkau tinggi tidak akan pernah dibiarkan akan berusaha jadi sekali lagi tidur saja dibayar apalagi hutan begitu aja gimana kan Yesus di gabung sama satu Indonesia terus dunia orang dia minum juga punya caranya bagaimana caranya bagaimana ya Udah persiapan yang pertama kamu harus ingat selalu jangan gitu jangan cuman bisnis hari sabat kau tiadakan dalam hidupmu itu sekarang bilang rajin orang banyak hutang aja gereja yang pegang ini masih 45 menit ke dalam dulu sendiri yang keren habis kalau udah dibayar susah cari telepon dia di kapal pesiar Bos Harga halo bos halo kependetaan Syalom sosial di mana bos Di mana mana Terus bagaimana itu itu bagaimana ya saya gimana Ya udah kapan Pak tadi pagi sekarang kau belum Pak nanti dengan ibu saya kalau kau rasakan Kenangan beruntung saya temenin dia bertahun-tahun makan Kalau enggak ada duitnya pinjam saya bisa pinjam berapa 300000000 banyak banget lo 20 miliar lebih dari 300 juta berarti udah jatuh ketimpa tangga dikejar-kejar Maaf Pak Pendeta uang tadi kamu bilang Gua kan harusnya cuman doain aja kenapa harus terlibat keuangan juga begini aja udah nangis nangis apa namanya kopi saya duduk sama dia karena saya lagi itu kopi jadi campur aduk yang mana pencetnya yang mana pengusaha gitu kita kan ada itu tuh ada apa namanya ada ATM kita kan waktu saya lihat-lihat gitu saya bisa transfer di 55 juta rumah nih kemarin lu Gila lu gila gua parah gitu terus sisanya Bagaimana 55 jutaan Itu berapaan itu mau bunuh diri gimana dong dikejar-kejar orang yang dikejar-kejar Tuhan gitu jadi sama-sama saya pulang ke rumah saya ngomong sama ibu saya tolong tetap tolong tapi kamu juga harus ingat ada istri anak anak-anak firman Tuhan katakan Kasihilah sesamamu seperti itu nggak boleh melebihi kan seperti waktu saya uang saya ada 309 juta tiga ratus 955 udah nggak apa-apa transfer kan waktu hari itu hanya cuma bisa kan 75 udah udah kepake 20 Pagi siang apa saya bilang sama istri saya gimana nih Mah nanti istri biasa di mana-mana adalah orang-orang juga yang bisa Halo Oke terserah orang juga lakukan di sini saya bilang ke xian ma dasarnya kesini pagi-pagi sampai pindah saya cuma tinggal sisa 9 juta temu lagi jam 11.30 pelayanan di Sudirman kemarin lagi bangkunya sama orangnya sama kebutuhannya juga sama itu saya kasih 245 nanti lihat itu yang bikin aku sakit hati karena dia ngomongnya doain gua karena gua nggak punya pekerjaan jangan udah dia terima 300 dong kan gitu Terus yang kedua dia ngomong gini gue juga nggak tahu nih kapan gua kembaliin duit gimana dengan rumah saya nih gitu terus saya lihat juga masih kurang banyak nggak tahu tiba-tiba Tuhan bilang itu janji aku yang saya dan saya yakin bukan karena kekuatan saya halo saya pengusaha bos begitu kecil buat saya 309 kasih 300 itu butuh bertanya 20 tahun dia nangis ya nangis tapi nangis Dia seneng sih Saya cuman gini aja kalau kau tidak ingat jangan sampai lupa 2 tahun hari ini menjadi orang juga yang ada di sebelah saya apa yang menjadi kebutuhan dan keperluan saya juga dia mau tahu dan dia bilang I will be for the rest of your Life dan diberkati tapis dan Untung saya ada di dalamnya gitu loh Ya waktu dia telepon saya memang kalau orang diberkati bahasanya lain waktu dia telepon siapa-siapa ya Semangat semangat janji Tuhan pada saat kita susah pada saat kita dalam keadaan suka hidup kita tetap ada dalam koordinat Jangan ingat yang aneh-aneh aja kekuatan Tuhan janjinya dia tidak akan pernah meninggalkan kita ingat itu teman-teman saya bilang keluarga belum butuh banget aku berikan aku ingat janji Tuhan dan saya lihat juga dalam hidup orang yang ingkar janji Tuhan yang pegang perkataan Tuhan hidupnya tetap diberkati Walaupun ada penderitaan Walaupun ada saling fitnah Walaupun ada hal-hal yang mungkin membuat kita tapi selama kita ingat itu perkataan Tuhan janjinya banyak Rp13.000 saya lihat dalam hidup saya 33 tahun saya melayani saya lihat janji itu ya dan Amin ya Ada lawan-lawan ada teman-teman tapi tetap dalam keadaan baik-baik saja kan kita Tuhan yang begini beri tepuk tangan yang meriah jadi persiapan yang harus kita lakukan adalah belajar untuk mengingat dan hidup di dalam janji dan perkataannya yang kedua 64 63 64 sederhana Mari kita sama-sama 123 karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketika jikalau tidak murid-muridnya mungkin datang untuk mencuri dia Lalu mengatakan kepada rakyat yang telah bangkit dari antara orang mati sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya daripada yang hidup kita juga akan lebih sesat lagi yang lebih buruk daripada yang pertama kalau kita antisipasi maka hidup akan lebih sesat lagi mereka dari sudut pandang mereka kita bicara dimana Yesus yang telah mengajar kepada saya karena itu perintahkanlah perintahkanlah untuk menjaga mereka bisa berpikir untuk menjaga untuk menjaga Yesus Yesus dalam kebenaran firman Tuhan Tuhan tidak pernah memerintahkan kepada saya dan anda di tempat ini supaya menjaga tapi bukan bubur itu hati-hati kita pasti menang saya mau tanpa bermaksud meninggikan Jaga Hatimu orang lalu lalang lagi mau bikin apa-apa di depan kita terhadap kita kalau hati kita bersih rumah tangga ada suami pandai jaga hati tetap beres istri walaupun kadang-kadang harus urut-urut itu hati tapi kalau aku juga orang tua anak akan dalam pertemanan kita jaga hati melayani Tuhan kita jaga hati kita lagi sedang makan di Kudus ada seorang jemaah dari jauh rombongan ke Citibank dia dekati saya Saya sendiri dari mana Pak ini dari saya baru pelayanan wayang Pak saya mau minta nomor telepon itu semua apa memori hilang Oke saya kasih nomor telepon 24 jam layanan nama Apa arti dari gereja-gereja susah Oke tapi kita nggak usah ngerti Pak mau tanya kalau hari Minggu masih ada nggak ada Walaupun mungkin udah penuh tapi hati saya juga jaga hati dia tahu nggak saya tapi saya bilang kalau dari tampilan performance gitu ya saya lihat beliau Ya kasihan tapi Pokoknya saya yang kedua banyak korban di bawah 20 orang saja gadis SMA 4 5 6 8 orang yang penting ada Tuhan saya harus saya nggak boleh gabung aja sama kerjaan lain Tuhan di atas kayaknya harus diper pendek umurnya pendek buat saya tapi itu semua karena tuhan kan ada di sini terpancar kehidupan kalau artinya beres ya bersih tulus itu ada belum ada cacat pada pucuk pucuk pasti hidupnya juga orang mau sakitin apapun kita amin mudah-mudahan ya kalau dia nggak pergi aku tanya yang itu aja Kalau dia cerita tentang kita ya udah kita udah kita nggak mau dengar cerita jelek itu Ya udah tapi saya lihat hari ini kemenangan itu semuanya rumah tangga juga ingat hidup berdua sama istri selama 30 tahun kan ga gampang penyakit 4 l Bisa terjangkit lu lagi bisa tapi Anda boleh kayak gitu paling susah kalau salah memang orang yang pertama kalau ada apa-apa kalau istri sering kita juga pasti baik-baik aja yang mana untuk hidup di alam itu memang dibutuhkan kemauan hati itu harus kadang juga kita lagi kita lagi gitu yang mengeluarkan juga malam kalau saya jumpa dengan Ibu saya dia nggak pernah ngomong yang lain pokoknya kalau sekarang sesuatu Kamu pasti bisa ya saya bisa ngomong yang lain ada keluarga yang lain masih ada 67 tapi saya mau jaga hati jaga hati ibu saya saya bilang Bisa dengan bantuan Tuhan yang bisa ya Mama tahu dari dulu pasti kamu bisa apa belum Terus kita panjang umurnya Ya udah aku aku di rumah sakit udah udah 35% dari 35 udah turun ke dokter bilang saya pulang dari Surabaya masuk rumah sakit hati saya begini begitu padahal secara matematika dalam keadaan orang saya pergi ke Surabaya saya nggak dapat apa-apa Karena sekarang Sumbang itu gereja terkapar di rumah sakit yang harus lari ke rumah sakit hati mungkin ini lagi kacau mati ya sudah Tuhan ambil nyawaku udah abis capek deh Saya tiba-tiba teringat kepada keluarga saya karena saya anaknya yang lagi apa namanya kerja gitu ya begini kamar yang terbaik di rumah sakit semua ada orang yang mampu jaga hati kita yang kemarin baru keluar dari rumah sakit saya telepon lagi malam dia telepon istri saya istri saya bilang ya udah malam dokter yang kita kenal hanya 02.00 adik saya SMS Mam Saya jawab Saya juga jaga hati dia bilang kenapa nggak dibawa ke rumah sakit tapi yo oke lagi pagi telepon lagi Pak rumah sakit ya ditanya di mana ditempatkan yang terbaik saya terus terang bilang sama istri saya lagi begini dalam keadaan kiri kanan gitu tapi saya ingat tadi yang pertama saya ingat janjinya dan yang kedua saya harus jaga hati saya kalau saya bisa khotbah di mana mana mestinya yang pertama saya harus jadi berkat dikeluarkan saya bilang sama anak-anak sayang kita lihat koma 3 koma dan 1 sampai di sana betul udah di infus macet dan hari kedua waktu saya datang lagi ku sayang Bagaimana Terus bagaimana semuanya ada yang cacat padahal penuh cacat cacat penuh kekurangan Pancasila yang datang semua juga gitu Selama ada saya selalu dia selalu bilang itu anak saya itu anak saya Cepet sembuh ya nanti Tuhan kita sama-sama beribadah 23 hari yang lalu dia keluar dari rumah sakit aku sakit kasih biaya cek semua Ibu saya bilang berapa kau udah dibayar Tuhan tetap sayang udah dibayar Tuan dan ternyata Tuhan telah tercukupi aja pas nggak ada yang susah di dunia ini selama kita jaga hati kita bisa kalau hari ini masih naik motor puji tuhan bisa rasakan hujan panas lagi panas kalau hujan kau duluan yang rasakan kan gitu Kalau hari ini masih rumah kontrakan di hati aja kalau hari ini mungkin penghasilan pas-pasan jaga hati yang penting ada Tuhan dalam hidup perlahan tapi pasti orang yang jaga hati pasti dia akan hidup diberkati beri tepuk tangan yang meriah yang ketiga ingat janji dan perkataan yang kedua yang kedua yang pertama yang kedua adalah jaga hati dan yang kelima yang kita baca sama-sama aja ketemu 65123 kata Pilatus kepada mereka akan pergi kubur itu sebaiknya kan karena kelompok imam-imam kepala dan orang-orang Farisi datang kepada mereka tahu dia punya punya kuasa untuk itu dan dengan dengan dengan perkataan Pilatus kubur yesus masih bisa dijaga oleh sebab itu kita bisa percaya bahwa ratu sirikit dalam menjalankan perintah untuk menjaga Serdadu mengejutkan Pilatus Yesus Yesus Yesus menyerahkan haknya untuk belajar kebenaran firman di situ not only one yang ketiga kita sebagai umat yang mengasihi Tuhan kalau Pilatus aja berani untuk memberikan haknya saya dan ada di tempat ini juga harus berani memberikan hak kita kepada Tuhan Amin sekarang juga dengan dengan dengan dengan dengan apapun itu biasanya tempat dimana orang bertemu enggak salah kalau kita menuntut hak itu nggak salah katakan salah enggak salah itu hak kita tapi belajar yang kedua mempersiapkan menyerahkan hatinya ini adalah sesuatu yang luar biasa kalau tidak mati tidak mencatat kita pelajari pilates pilates berani berikan hak kita sebagai orang yang mengasihi Tuhan berani memberikan hak kita supaya kita juga diberkati harus hormati saya ini terjadi dalam hidup kita tapi karena memang tapi juga memberikan hak untuk diperlakukan mendapatkan satu pengadilan yang jujur tidak dapat kan Itu kan hak untuk hidup kita sesuatu yang luar biasa bagi saya dan kita belajar juga bukan untuk ya Apaan kita ngalah ngalah bukan bukan itu tapi belajarnya satu saat itu saya ada perlu sesuatu untuk kebutuhan tapi ada kalanya juga ya orang datang kerumah Anda Tuhan atau seorang ibu dengan 9 anak anaknya 9 pendeta saya nih coba anak-anak cerita hantu anak-anak cerita tentang belum bayar uang sekolah 9 anaknya semuanya belum bayar uang sekolah kan saya juga bikin kita udah berarti keluarga aja juga masih masih tolong 1 yang 8 yang saya bagaimana tante99 ini Bu istri saya kalo ada pekerjaan yang ambil lah tuh bisa bayar uang sekolah apa yang dikatakan ibu-ibu ya kalau ada ya minta bantuan pakaian yang dicuci atau masa Ibu bisa tolong Emang tanpa cabang pembantu itu kan rasanya seperti itu ya kita gitu kita serahkan ya udah Ada orang datang itu kita bikin bengkel-bengkel terus gimana Pak belum tahu nih Di mana kita tanya bengkel apa ya bengkel motor lah oke terus gimana mau dibikin tergantung modal harus kita bilang modalnya berapa yang bisa kasih berapa kita bikin adik gua aja nggak punya bengkel tapi oke apa tuh kan datang Tuh kan bilang tadi malam kepada saya melayani di Bali gitu lah kenapa nggak di Papua atau Ambon atau NTT Bali Amin kita dukung Amin Tuhan bilang jelas dong minta ongkosnya dari sini 1 jam kemudian dia bilang dia mandi Kenapa Bali Bali itu kata Tuhan kita kasih ongkos itu kereta api Tuhan jelas tadi malam pesawat sampai ya udahlah kita punya apa gitu ya oke katanya kalau ada orangnya minta Satu helai baju kita kasih Coba aja sekalian ya kalau kita memang cukup kita kasih kira-kira 3 minggu ditelepon sudah selesai belum bisa pulang apa dia lagi lihat bule bule mandi di situ ada yang saya jadikan satu kita sampai wisuda tidak datang sampai hari ini udah 7 tahun pada teman untuk dihormati apa ada Tuhan ini saya selama kikir suami Selamat ulang tahun ayat yang terakhir ayat 66 kita tutup 5 menit kita bersama-sama 123 Kakak Pilatus kepada mereka apa katanya maka Pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memerangi kubur itu dan ini yang penting yang keempat persiapan yang keempat adalah bagaimana saya dan anda di tempat ini hidup bantu-membantu Kebon Sirih di sini ada yang susah Kebon Sirih di sini juga menolong jangan biarkan umat lainnya tolong Biarkan kita semua di sini atuh kalau itu terjadi saya yakin saya yang yakin pertama dengan Pak Hari apa itu gereja ini kamu berita bertanya kenapa Mereka bilang begini di sini bukan hanya teori di sini ada bantuan Tuhan kenapa keluarga saya juga masih 15 tahun kalau saya kontak Kenapa kamu ikut mereka tahu juga bantuan itu tidak pernah lepas Saya mau peduli tentang kontrakan mereka habis saya mau peduli tentang penyakit mereka walaupun Saya tahu saya punya keluarga inti istri dan anak-anak dan hari ini kita kokoh tidak harus kaya raya tapi kalau diberkati yang lain gitu ya tapi yang terpenting kita hidup Saling bantu membantu ketika ada yang susah Yang satu ke yang lain kalau yang ini kan yang lain susah yang lain juga keroyok yang paling sulit seperti yesus dosa semua ditanggung sendiri Kita sudah dibuat mudah oleh Tuhan Amin 1 susah dikeroyok sama-sama itu jauh lebih mudah Tuhan memberkati selamat Paskah beri tepuk tangan yang meriah.

BACA
20170305 PDT. JAFAR THAMRIN. "MENGEMBALIKAN KASIH MULA-MULA"

6 komentar untuk “070413 Pdt.Johan Lumoindong: Kristen Masa Kini”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top